Tutorial Photoshop – Efek Foto Robek

 

Tutorial Photoshop yang sekarang ini untuk menampilkan gambar contoh desain , sebagai contoh pembuatan efek pada foto. Tujuannya untuk membuat efek foto yang terobek sebagian. Pada gambar ini saya gunakan foto saya sendiri waktu memakai Hanbok atau baju khas Korea. Pada gambar ini, foto saya potong menjadi dua bagian dengan seleksi kemudian diubah letak layernya sehingga nampak terpisah. Untuk membuat kesan lebih dramatis saya beri efek bayangan.
Langkah Membuat Efek Foto Robek
Langkah 1. Bukalah gambar yang akan Anda olah dengan Photoshop.

Langkah 2. Buatlah seleksi pada gambar dengan menggunakan lasso tool. Buatlah agar seleksinya memotong sebagian dari gambar hingga ke salah satu tepinya.

Langkah 3. Simpan Hasil seleksi, dengan memilih menu Select > Save Selection.
Langkah 4. Pilih channel hasil seleksi pada palet channel.
Langkah 5. Pilih menu Filter > Pixelate > Crystalize. Isikan nilai 3 (ukurannya bisa disesuaikan sendiri, namun jika slider digeser minimalnya tetap cuma 3). Klik OK. Tujuan langkah ini untuk membuat tepian seleksi menjadi tidak rata secara otomatis.

Langkah 6. Klik icon Load channel as selection.

Langkah 7. Klik channel RGB. Langkah 6 dan 7 ini tujuannya agar kita kembali ke channel seperti awal namun sudah mempunyai seleksi yang tidak rata.

Langkah 8. Tekan Ctrl + J, tujuannya untuk membuat duplikat hasil potongan seleksi.

Langkah 9. Klik layer Background (yang masih merupakan foto asli dan belum dipotong). Tekan Ctrl + J. Ini akan membuat layer Background copy.

Langkah 10. Ctrl + klik pada nama layer 1 (yang merupakan layer hasil potongan). Layer yang aktif masih tetap pada layer Background copy.

Langkah 11. Sekarang tekan tombol Delete. Ini untuk menghapus area yang berada dalam seleksi. Kemudian hilangkan seleksi, dengan cara memilih menu Select > Deselect.

Langkah 12. Klik atau pilih layer Background. Isi layer ini dengan warna putih. Caranya dengan memilih menu Edit > Fill. Pada bagian Use=White, Opacity=100%.

Langkah 13. Aktifkan atau pilih layer 1. Atur ukuran dan posisinya dengan cara memilih menu Edit > Free Transform. Begitu juga dengan layer Background copy.

Langkah 14. Untuk menambah kesan hasil robekan, bisa ditambahi dengan efek bayangan. Pada tutorial Photoshop ini saya gunakan Layer > Layer style > Drop shadow.

Catatan: Jika Anda ingin seluruh gambar bisa ditampilkan sehingga bagian yang terputar pada langkah 13 tadi tidak nampak terpotong, caranya dengan Anda lakukan pilih menu Image > Reveal All. Berikut ini gambar hasil pembuatan efek foto robek.

Explore posts in the same categories: Tuttorials

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: