Kejarlah Pengembangan dari Buah-Buah Roh dalam Hidup

Ini nih,, artikel bikinanku yang berhasil menyabet juara 3 lomba artikel Bulan Kitab Suci SMA Pangudi Luhur St. Yosef Surakarta.

Haha,, bangga tauk!!

Apalagi sempet dimuat di Joes News edisi Desember 2009..

Baca yah..

Apa tantangan terbesar bagi kita sebagai orang kristiani di abad 21? Apakah amoralitas yang merajalela? Apakah masalah sosial yang memecah belah? Apakah meningkatnya sikap melawan Allah? Hal-hal tersebut tentu saja berbahaya. Namun, dengan berani saya katakan bahwa ancaman terbesar terhadap kita adalah perbuatan daging, yaitu perbuatan yang menjauhkan kita dari Injil.

Sebab keinginan daging berlawan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging-karena keduanya bertentangan-sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki Galatia (5:17).

Perbuatan daging nyata adanya dalam kehidupan. Pencabulan, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, kedengkian, kemabukan pesta pora dan sebagainya. Keinginan atau perbuatan daging adalah keinginan yang berasal dari tubuh kita, penuh jebakan yang sangat menggoda dan sangat berpotensi untuk membuat manusia jatuh dalam dosa.

Seringkali manusia tidak menyadari akan segala perbuatannya. Manusia senantiasa melakukan hal-hal yang sekiranya nikmat bagi kehidupan duniawinya. Mereka sering melupakan cara-cara hidup dalam roh, yaitu hidup dalam kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan dan pengusaan diri. Bagaimana kita menjalani kehidupan saat ini? Seringkali kita masih hidup berdasarkan pada keinginan dan kehendak sendiri.

Tindakan-tindakan frontal yang tidak dilandaskan oleh perbuatan kasih masih sering kita jumpai. Apalah untungnya melakukan penindasan terhadap sesama? Menggangu hak hidup orang lain, bahkan hidup untuk saling menyakiti?

Hal yang sama dapat dialami oleh orang yang hidupnya gemerlap. Mereka mencari perhatian dengan kecantikan, bakat, atau kepandaian yang memesona. Orang memerhatikan dan mengagumi mereka. Tetapi akhirnya kesombongan membuat orang retak dan patah. Kenyataannya, Tuhan sajalah yang layak menerima semua pujian.

Kita menyadari bahwasebelum kita percaya atau beriman kepada Kristus, kita adalah oarng-orang duniawi yang hidup secara daging, dan perbuatan daging adalah nyata seperti yang disebutkan di atas.

Apakah kita berbuat salah karena telah menjalani hidup seakan-akan tidak membutuhkan Allah? Kita mungkin mengenal Dia sebagai Juruselamat, namun memberhalakan hikmat atau kebebasan kita.

Orang-orang percaya memiliki Roh Kristus dan pengharapan kemuliaan dalam diri mereka. Mereka yang hidup dalam Kristus akan menyatakan kesucian dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah hasil dari secara sengaja dan dengan iman memilih untuk bersandar pada Roh Kudus untuk menuntun pikiran, kata-kata dan perbuatan. Tidak bersandar pada bimbingan Roh Kudus akan mengakibatkan orang tersebut tidak hidup sesuai dengan panggilan dan kedudukan yang disediakan oleh keselamatan. Dipenuhi hidup dengan Roh adalah sama dengan mengizinkan firman Kristus untuk diam dengan segala kekayaanNya di dalam kita.

Jadi intinya kita harus bisa membedakan dengan jelas antara perbuatan daging dan perbuatan roh, manakah yang menjadi dasar iman supaya kita dapat memiliki hidup yang kekal?

Sesuai dengan apa yang Yesus ajarkan kepada kita, yaitu kita perlu beriman kepadaNya saja dan tidak menegakkan perbuatan manusia di dalam memperoleh keselamatan kekal.

Explore posts in the same categories: Uncategorized

2 Comments on “Kejarlah Pengembangan dari Buah-Buah Roh dalam Hidup”

  1. blantara Says:

    selamat tulisanya keren, pa kabare, jadi kuliah dimana


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: