Kegagalan adalah Kesuksesan yang Tertunda

“Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda”.

Sounds cliché. Setiap kali kita mengalami kegagalan, maka kalimat ini yang selalu kita dengar dari orang lain. Padahal, mereka semua yang mengutarakan kalimat tersebut belum tentu pernah mengalami kejadian seperti yang kita alami.

Hmm, siapa bilang?? Semua orang pernah gagal, meski kegagalan tiap orang berbeda-beda. Kegagalan dalam karir, kegagalan dalam pendidikan, kegagalan dalam keluarga, atau mungkin kegagalan dalam cinta. Setiap manusia memiliki masalah sendiri-sendiri. Dan kegagalan termasuk salah satu dari sekian banyak masalah yang dialami manusia.

Sering kita berpikir kenapa hidup kita tidak tidak bahagia seperti Serena Van Der Watson di serial Gossip Girl yang cantik, memiliki orang tua kaya raya, memiliki best friend forever like Blair Waldorf, handsome boyfriend like Dan Humphrey dan diidolakan banyak orang. Tapi perlu kita ketahui tokoh Serena juga diceritakan memiliki banyak masalah. Terlahir sebagai anak orang kaya namun hanya hidup bersama ibu dan adiknya tanpa seorang ayah, memiliki sahabat yang memiliki ego tinggi, ayah pacarnya merupakan mantan kekasih ibunya dan pernah terlibat dalam kasus pembunuhan yang membuatnya trauma.

Dapat kita simpulkan, yang menentukan bahagia atau tidaknya kita adalah diri kita sendiri. Masalah datang, karena memang masalah itu selalu ada. Semuanya tidak perlu sempurna untuk merasakan apa itu bahagia dan apa itu sukses.

Sukses dan kebahagiaan seseorang juga ditentukan bagaimana dia menggunakan pikiran dan perasaan.

Seringkali manusia tidak menyadari bahwa ia memiliki potensi. Hanya dengan berpikir lebih keras dan matang, maka tidak pernah ada alasan bagi kita untuk berhenti mencapai apa yang kita inginkan untuk meraih sukses.

Dalam buku The Secret karya Rhonda Byrne terdapat istilah “Like attract like”. Yang dimaksud dengan istilah tersebut adalah hukum tarik-menarik, di mana sesuatu akan menarik sesuatu yang mirip dengannya. Ketika kita sedang memikirkan sesuatu, maka saat itu pula kita menarik apa yang sedang berada di pikiran kita. Maka yang perlu kita lakukan adalah fokus terhadap apa yang kita pikirkan dan yang kita inginkan dengan penuh keyakinan bahwa kita pasti mendapatkannya.

Buang semua keraguan yang dapat menghambat jalanmu menuju kesuksesan. Jangan ragu-ragu mewujudkan kalimat “Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda”! Karena tidak akan pernah ada hal besar yang dihasilkan secara instant.

Don’t ever blame yourself for everything happened to you!

If at first you don’t succeed, failure may be your style (Quentin Crisp).

Monica Ratna Eta Karina

Saint Joseph Senior High School

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: